Jumat, 22 Juli 2016

Wisata Alam Umbul Sidomukti, Ungaran

Wisata Umbul Sidomukti, Ungaran.

Kalau sobat traveller kebetulan sedang ada di sekitar Semarang atau Ungaran, maka jangan lupa singgah ke daerah Bandungan yang berhawa sejuk. Dari Semarang ke arah Bandungan jalannya sedikit menanjak, yang mana semakin dekat dengan daerah ini udara sejuk akan semakin terasa menyambut kedatangan Anda. Nah di daerah Bandungan ini ada sebuah wisata menarik yang bertemakan alam sekaligus game outboand yang dikenal dengan nama Umbul Sidomukti.

wisata-umbul-sidomukti
Malam dilihat dari Umbul Sidomukti
Wisata alam Umbul Sidomukti berada tepat di lereng sebelah selatan Gunung Ungaran pada ketinggian masih di bawah 1000 mdpl ,namun udara sudah terasa begitu sejuk. Kawasan wisata alam ini lebih tepatnya ada di sebuah Desa bernama Sidomukti, Kecamatan Bandungan. Banyak hal menarik ditawarkan pada para pengunjung seperti wisata outbond, kolam renang yang ditata apik dengan dinding bebatuan yang bernuansa alam, area berkemah, pondok makan/ngopi, serta ruang pertemuan.

umbul-sidomukti
Tempat Ngopi dan Makan Sebari Menatap Keindahan Alam
Kolam renang alami bertingkat yang unik dengan airnya yang dingin di Umbul Sidomukti selain dipakai untuk mandi dan berenang juga cocok dijadikan objek pengambilan foto yang fantastis punya. Selain itu, fasilitas wisata outbond juga perlu anda coba seperti flying fox yang panjang lintasannya mencapai 110 m atau berjalan menyusuri marine bride yang dipasang di atas jurang/lembah. Sudah pasti nyali anda akan tertantang di sini.
Kolam Renang Umbul Sidomukti
Untuk bisa sampai di Umbul Sidomukti ini setidaknya ada dua jalur yang biasanya dilalui yaitu jalur pertigaan pom bensin Lemah Abang dan Ambarawa. Bila anda datang dari arah Yogya, maka sesampainya di Ambarawa anda mesti belok ke arah Bandungan (ke kiri). Sampai di Bandungan ambillah jalan yang ke kanan untuk menuju ke arah Pasar Jimbaran. Nah dari pasar itu anda bisa sewa ojek kalau tidak bawa kendaraan pribadi.

Kondisi jalan dari Pasar Jimbaran ke tempat wisata alam Umbul Sidomukti sedikit sempit dan sedikit menanjak pula. Kalau bawa mobil sendiri mesti berhati-hati terutama saat mau berpapasan.
Sedangkan kalau anda datang dari arah Semarang, maka sampai di pertigaan pom bensin Lemah Abang anda mesti belok kanan agar bisa sampai Pasar Jimbaran. Perlu diingat bahwa dulu masih ada trayek bus Semarang-Bandungan (Sumowono) yang melewati Pasar Jimbaran. Namun saat ini sudah tidak beroperasi lagi, sehingga kalau dari arah Semarang silahkan turun di Lemah Abang baru kemudian dilanjutkan dengan angkot menuju pasar Jimbaran.